Tambah Canggih dan Hijau
Honda All New Civic 1.8 M/T |
Mesin : 1.799 cc 4 silinder, 145 dk Torsi maksimum : 174 Nm/4.300 rpm 0-100 km/jam : 9,0 detik (estimasi) Konsumsi BBM : N/A Transmisi : Manual 5-speed/FWD P x L x T : 4.540 x 1.755 x 1.435 mm Wheelbase : 2.670 mm Ground clearance : N/A Ukuran ban : 205/55R16 |
Harga : Rp 347 juta |
Civic generasi ke-8 yang sudah beredar sejak 5 tahun lalu merupakan lompatan sangat jauh dari generasi sebelumnya. Baik itu dari segi desain maupun teknologi. Nah, mampukah All New Civic yang dilansir pertengahan tahun ini melakukan hal sama? Kami pun mendapat kesempatan merasakan kehebatannya dari balik kemudi.
Dari luar, tampilan All New Civic dirancang desainer Honda menggunakan filosofi elegance. Di depan terdapat lampu dan gril tajam khas Honda. Sedangkan buritannya dibuat lebih dewasa. Namun kami merasa akan banyak konsumen yang menilai bentuk generasi sebelumnya masih lebih cantik.
Di interior Honda menerapkan konsep advance. Dan ini langsung terlihat dengan adanya layar MID digital di tengah dasbor. Seluruh informasi kendaraan serta pengaturan fitur dilakukan via layar ini. Tak pelak interior Civic menjadi jauh lebih modern dari sebelumnya dan terasa seperti mobil premium Eropa.
Konsep instrumen terpisah atau multiplex juga tetap dihadirkan. Artinya posisi setir tetap bisa rendah dan membuat posisi mengemudi masih seergonomis sebelumnya. Ubahan pedal gas yang tadinya tipe organ menjadi konvensional juga tidak mengurangi kenikmatan mengemudinya.
Ubahan radikal di dasbor dengan instrumen multiplx layar MID |
Dengan Wheelbase lebih pendek 30 mm yang memperbaiki handlin, ternyata ruang kaki civic masih cukup baik |
Sayang untuk tipe 1.8 seperti unit tes kami, jok belum menggunakan bahan kulit. Dan tipe material yang digunakan kurang mencerminkan kesan mewah. Hal ini menjadi anti-klimaks mengingat Honda telah berhasil merancang dasbor dan instrumen yang cantik. Dan bahan interior ini juga mudah menjadi kotor.
Honda All New Civic memiliki wheelbase lebih pendek 30 mm dari sebelumnya. Hal ini secara teori akan menambah kelincahannya. Namun itu juga berarti ruang kaki belakang tak bertambah. Untunglah sejak awal Honda Civic telah memiliki ruang cukup lega di belakang.
Tampil dalam varian 1.8 M/T, 1.8 A/T dan 2.0 A/T, All new Civic masih menggunakan mesin sama seperti sebelumnya. Tapi dengan penyempurnaan di beberapa sisi, mesin ini mampu menelurkan torsi 5 Nm lebih besar. Dan seperti Odyssey, Civic kini memiliki tombol ‘ECON’ yang jika diaktifkan bakal mengubah karakter mesin dan transmisi supaya lebih hemat. Juga instrumen akan berubah warna menjadi hijau saat Anda dinilai mengemudi secara ekonomis.
Secara umum, pengalaman mengemudi dengan All New Civic tak terlalu berbeda dibanding generasi sebelumnya. Tapi sejumlah perbaikan teknologi dan penambahan fitur membuatnya lebih terasa modern.
Kapasitas bagasi besar dan rata | Trim kain di Interior kurang mewah |
Bantingan suspensi pun kami merasakan sedikit lebih lembut. Mesinnya juga responsif namun tetap lembut di putaran bawah. Apalagi saat mode ECON diaktifkan. Bobot setir juga terasa pas yang akan mendukung keasyikan mengemudi.
Tapi untuk lebih komprehensif, kami akan membawa Civic keluar kandang dan menguji di kondisi sesungguhnya dalam jarak jauh. Nantikan artikel Test Drive lengkap All New Civic segera.
Dasbor hadir dengan two-tone | Pelek 16 inci standar di tipe 1.8 | Bumper gagah tapi minus foglamp |
Sumber : http://www.autobildindonesia.com/read/2012/07/05/6005/33/11/Tambah-Canggih-dan-Hijau
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar